Nah pada bahasan kali ini saya menemukan postingan yang bagus, sebelum kita ke teoritis tentang hukum hooke, kita coba dulu dengan eksperimen ini, ini saya dapatkan dari fisikaholic.com. Kita telah mengetahui pengaruh gaya pada suatu benda pada postingan sebelumnya tentang elastisitas, yaitu dapat menyebabkan pertambahan panjang. Dalam bahasan kali ini kita akan menganalisa pengaruh gaya yang diberikan pada benda berbentuk spiral biasanya terbuat dari logam yang disebut pegas bentuknya digambarkan seperti gambar di bawah ini:


Untuk mengetahui hubungan kuantitatif antara gaya yang dikerjakan pada pegas dengan pertambahan panjangnya, akan dilakukan sebuah percobaan. Silahkan anda perhatikan tujuan, alat dan bahan, dan langkah kerja percobaan. Percobaan dapat anda saksikan dan perhatikan pada video di bawah.

PERCOBAAN

Tujuan Percobaan:
Menyelidiki hubungan antara gaya dengan pertambahan panjang pegas.
Alat dan Bahan:
  1. Pegas
  2. Beban
  3. Penggaris
  4. Statip
  5. Pensil sebagai penunjuk
Berikut diberikan gambar-gambar alat yang akan digunakan dalam percobaan:



Langkah Kerja:
  1. Susunlah peralatan seperti gambar di bawah ini
2. Tandai posisi awal pegas, yaitu posisi saat pegas tanpa beban (Lo) seperti pada gambar
di atas.
3. Gantungkan sebuah keping beban pada ujung pegas kemudian bacalah panjang pegas
dengan beban tersebut (L1) dan catatlah. Perhatikan dan catat juga massa beban yang digunakan. Seperti gambar di bawah ini:
4. Ulangi langkah ke tiga di atas dengan beban yang diganti-ganti. 5. Catatlah data pengamatan anda pada lembar yang telah dibagikan.
MARI KITA SAKSIKAN VIDEO MENGENAI PERCOBAAN TERSEBUT DAN JANGAN LUPA SILAHKAN ANDA CATAT DATA-DATA YANG DIMINTA DAN ISIKAN PADA LEMBAR YANG TELAH DIBERIKAN.

TEKAN TOMBOL VIDEO DI SAMPING INI: Download Video