1. Menurut Coulomb, Muatan listrik Menimbulkan medan Listrik
  2. Menurut Oersted, muatan listrik yang bergerak dan arus listrik menimbulkan medan magnet.
  3. Menurut Lenz dan Faraday, perubahan medan magnet menimbulkan gaya gerak listrik induksi atau berarti menimbulkan medan listrik.
  4. Menurut Maxwell, perubahan medan listrik menimbulkan medan magnet.
  5. Gelombang elektromagnetik adalah rambatan transversal medan listrik dan medan magnet yang besarnya sebanding dan arahnya saling tegak lurus.
  6. Rambatan gelombang Elektromagnetik tidak memerlukan medium rambat
  7. Gelombang elektromagnetik merambat di udara atau ruang hampa dengan kecepatan sama dengan kecepatan cahaya di udara atau ruang hampa.
  8. Cepat rambat gelombang elektromagnetik dalam suatu medium tergantung kepada permëabilitas magnetik dan permitivitas listrik medium itu.
  9. Menurut hasil percobaan Heihrich Rudolph Hertz(l857-1894), gelombang elektromagnetik dapat mengalami penstiwa pemantulan (refleksi), pembiasan (refraksi) dan pelenturan (difraksi), seperti yang dialami cahaya.
  10. Spektrum Gelombang Elektromagnetik adalah bermacam-macarn gelombang elektromagnetik dengan panjang gelombang dan frekuensi yang berbeda-beda satu dengan yang lainnya.
  11. Setiap jenis gelombang elektromagnetik itu memiliki sifat dan memberikan pengaruh yang berbeda-beda terhadap benda-benda atau bahan-bahan yang berinteraksi dengannya.
  12. Sebagian penemuan gelombang elektromagnetik adalah melalui pengamatan tak langsung, yaitu dengan mengamati pengaruh yang ditimbulkan oleh gelombang elektromagnetik terhadap bahan atau alat tertentu yang dapat mengubah energi gelombang elektrornagnetik menjadi bentuk energi yang lain misalnya energi mekanik, energi listrik, nergi panas dan lain-lain.
  13. Gelombang radio, berfrekuensi antara 104 Hz sampai 107 Hz. Gelombang ini berfungsi penting dalam sistem komunikasi radio sebagai pembawa sinyal suara dengan cara “Amplitudo Modulasi” (AM) atau “Frekuensi Modulasi” (FM). Dengan frekuensi yang tidak terlalu tinggi, gelombang ini dapat dipantulkan oleh lapisan atmosfer sehingga dapat mencapi tempat yang cukup jauh di bumi.
  14. Bersambung......


Sumber : "Ilmu Fisika" oleh Drs. Sutrisno M.Pd tahun 2003