hukum Kirchoff dan Hukum Ohm

Dalam kehidupan sehari hari kadang kita tak menyadari tentang apa yang kita rasakan, tapi mungkin ini baru terasa oleh orang yang pernah ke "stroom" sama listrik, yang merasakan rasa "ngereunyeud" -nya, tapi dibalik semua itu, orang-orang terdahulu dari kita telah meneliti hal-hal ini, walau deskripsi tadi mungkin belum terlalu nyambung dengan materi yang akan kita bahasa hari ini, tapi langkah lebih baiknya kita menyadari apa yang ada di sekitar kita, setelah kita menyadari barulah kita fahami teori nya, atau sebaliknya, setelah kita memahami teori maka kita rasakan keberadaan nya dui alam ini.
Oke dalam bahasan kali ini akan di berikan dua bahasan langsung yaitu tentang hukum yang di ungkapkan oleh Kirchoff dan oleh Ohm, keduanya sama membahas tentang arus, hanya bedanya ohm lebih pada arus yang mengalir pada konduktor yang memiliki beda potensial, sedangkan kirchoff menelaah kuat arus pada rangkaian, baik tertutup atau pada percabangan.

yah terlalu banyak cuap cuap mungkin akan membuat bosan, langsung saja ya......, ini saya ambil dari berbagai sumber.

HUKUM KIRCHOFF 1 (source : alljabbar.wordpress.com)

Di pertengahan abad 19 Gustav Robert Kirchoff (1824 – 1887) menemukan cara untuk menentukan arus listrik pada rangkaian bercabang yang kemudian di kenal dengan Hukum Kirchoff. Hukum ini berbunyi “ Jumlah kuat arus yang masuk dalam titik percabangan sama dengan jumlah kuat arus yang keluar dari titik percabangan”. Yang kemudian di kenal sebagai hukum Kirchoff I. Secara matematis dinyatakan

Bila digambarkan dalam bentuk rangkaian bercabang maka akan diperoleh sebagai berikut::

Latihan Soal

Perhatikan gambar berikut! Hitunglah besar I3!




Hukum Kirchoff 2 (source : wahab.blog.dada.net)
Hukum Kirchoff secara keseluruhan ada 2, setelah yang diatas dijelaskan tentang hukum beliau yang ke 1. Hukum Kirchoff 2 dipakai untuk menentukan kuat arus yang mengalir pada rangkaian bercabang dalam keadaan tertutup (saklar dalam keadaan tertutup).

Perhatikan gambar berikut!

Hukum Kirchoff 2 berbunyi : " Dalam rangkaian tertutup, Jumlah aljabbar GGL (E) dan jumlah penurunan potensial sama dengan nol". Maksud dari jumlah penurunan potensial sama dengan nol adalah tidak ada energi listrik yang hilang dalam rangkaian tersebut, atau dalam arti semua energi listrik bisa digunakan atau diserap.


Dari gambar diatas kuat arus yang mengalir dapat ditentukan dengan menggunakan beberapa aturan sebagai berikut :

  • Tentukan arah putaran arusnya untuk masing-masing loop.
  • Arus yang searah dengan arah perumpamaan dianggap positif.
  • Arus yang mengalir dari kutub negatif ke kutup positif di dalam elemen dianggap positif.
  • Pada loop dari satu titik cabang ke titik cabang berikutnya kuat arusnya sama.
  • Jika hasil perhitungan kuat arus positif maka arah perumpamaannya benar, bila negatif berarti arah arus berlawanan dengan arah pada perumpamaan.


Latihan soal :
Masih dari gambar di atas bila diketahui :

E1 = 10 V dan r1 = 0,2 ohm

E2 = 12 V dan r2 = 0,25 ohm

R1 = 0,3 ohm

R2 = 1,5 ohm

R3 = 0,5 ohm

maka tentukan besar dan arah kuat arus yang mengalir melalui tiap cabang (tentukanah I1, I2 dan I3)


Hukum Ohm (source : ebooks.lib.unair.ac.id)

Hukum Ohm menyatakan bahwa besar arus yang mengalir pada suatu konduktor pada suhu tetap sebanding dengan beda potensial antara kedua ujung-ujung konduktor

I = V / R

HUKUM OHM UNTUK RANGKAIAN TERTUTUP

I = n E
R + n rd
I = n
R + rd/p

n = banyak elemen yang disusun seri
E = ggl (volt)
rd = hambatan dalam elemen
R = hambatan luar
p = banyaknya elemen yang disusun paralel

RANGKAIAN HAMBATAN DISUSUN SERI DAN PARALEL

SERI

R = R1 + R2 + R3 + ...
V = V1 + V2 + V3 + ...
I = I1 = I2 = I3 = ...

PARALEL

1 = 1 + 1 + 1
R R1 R2 R3

V = V1 = V2 = V3 = ...
I = I1 + I2 + I3 + ...

ENERGI DAN DAYA LISTRIK

ENERGI LISTRIK (W)
adalah energi yang dipakai (terserap) oleh hambatan R.

W = V I t = V²t/R = I²Rt

Joule = Watt.detik
KWH = Kilo.Watt.jam

DAYA LISTRIK (P) adalah energi listrik yang terpakai setiap detik.

P = W/t = V I = V²/R = I²R


Referensi lainnya

  • E-dukasi.net
  • gurumuda.com
  • ui.edu
  • upi.edu
  • Giancoli, Douglas C., 2001, Fisika Jilid I (terjemahan), Jakarta : Penerbit Erlangga
  • Halliday dan Resnick, 1991, Fisika Jilid I, Terjemahan, Jakarta : Penerbit Erlangga
  • Tipler, P.A.,1998, Fisika untuk Sains dan Teknik-Jilid I (terjemahan), Jakarta : Penebit Erlangga


Comments

  1. TEORI UNTUK HUKUM KIRCHOFF DASAR ITU APA??
    DAN SAMA FUNGSINYA UNTUK DIRANGKAIAN SERI DAN PARAREL PADA RESISTOR..
    MOHON DIBALAS PENTING!!

    ReplyDelete
  2. yang
    1. i masuk sama dengan i keluar
    2. Jumlah total arus dalam rangkaian tertutup adalah nol

    ReplyDelete
  3. Materinya diperbanyak lagi dong biar paham.

    ReplyDelete
  4. sama kasih jawabannya donk biar bisa dicocokin gitu. Klo g mana bisa tau salah bener nya.

    ReplyDelete
  5. Saya Fauzan cuman mu memberi saran!!!!... agar lebih jelas apa bila memberikan soal berikan juga jawabanya!!!... :D untuk menunjukan apakah benar jawabaya dengan hasil sendiri.....

    ReplyDelete
  6. @kaka fauzan, terima kasih masukannya

    ReplyDelete
  7. blog yg sangat bagus......
    tpi lbih bgus lge jika d stiap soal ada jawabannya/....

    ReplyDelete
  8. @riscky : siiippp, ntar saya usahakan

    ReplyDelete
  9. makaci ea... baguzz banged blog_na tgzq kelar dech jadhina!!!

    ReplyDelete
  10. gan,,,trims artikelnya ya
    ngebantu gua buat bikin laporan awal nih
    thanx banget

    ReplyDelete
  11. mantapp

    ^_^
    berguna banget bagi gue

    makasii yah

    ReplyDelete
  12. gan....tolong dikasih jawabanya dong biar...kita cocokin..sama jawaban kita.thxs

    ReplyDelete
  13. di perbanyak lagi donk soal2'y,, + jwaban'y ea,,,? hehe

    ReplyDelete
  14. di perbanyak lagi donk soal2'y,, + jwaban'y ea,,,? hehe

    ReplyDelete
  15. gan tanks ya,aku sudah kopy paste hukum circoff sampean.salam kenal akhmad

    ReplyDelete
  16. semakin cinta dgn fisika dengan bnyk'y orang share ttg fisika. Indahnya dunia dgn fisika. penjelasannya bagus mas

    ReplyDelete
  17. bagus sekali blog.. bermanfaat bagi saya smoga suksesss...

    ReplyDelete
  18. Materi Jangka sorong..baguss Hukum kirchoof juga bagus

    ReplyDelete
  19. Thanks a lot of....for material of physics

    ReplyDelete
  20. Artikel sangat bermanfaat..ijin copy ya..

    ReplyDelete
  21. tugas sekolah ku sedikit terbantu.... makasih

    ReplyDelete
  22. Mkasih yoo
    menambahh pengetahuan neehh tentang HK :D

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts